SKENARIO PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
SDN Kebondalem
Tema / Subtema / Pembelajaran : 5. WIRAUSAHA / 1 Kerja Keras Berbuah
Kesuksesan. / 5
Kelas / Semester
: VI / 1
Kompetensi Dasar
: Bahasa
Indonesia
3.2
Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan
sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
Matematika
3.8
Memecahkan masalah sederhana dengan melibatkan bangun datar atau ruang, seperti
juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut.
PPKN
3.6
Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan.
Indikator :
- 3.2.1 membuat laporan kegiatan dalam bentuk
teks eksplanasi ilmiah
- 3.8.1 menghitung volume balok
- 3.6 menyebutkan sikap wirausaha yang baik
Metode
: cooperative
learning, diskusi, penugasan
Media
: Power
Point, video, gambar
Kegiatan
Pendahuluan :
Ø Guru
mengucapkan salam.(religius)
Ø Guru
menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama-sama.(religius)
Ø Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya.(nasionalis)
Ø Guru
menyapa siswa dan mengkondisikan kelas agar siap belajar.(mandiri)
Ø Guru
menjelaskan apa yang akan dipelajari hari ini dan tujuan pembelajaran.
Kegiatan
Inti
:
Bahasa
Indonesia
Ø M : mengamati video kunjungan ke pabrik tahu
(klasikal)
Ø I : mengurutkan gambar kegiatan proses
pembuatan tahu (kelompok)
Ø K : melaporkan hasil diskusi (kelompok)
Ø I : membuat laporan tertulis secara urut
tentang proses pembuatan tahu (individu)
Ø R : membacakan laporan hasil karya dan
merefleksi bersama (klasikal)
Matematika
Ø M : mengamati gambar potongan tahu kecil, bak
tempat penjual tahu (klasikal)
Ø I : diskusi menghitung volume irisan tahu dan
bak tempat penjualan tahu (kelompok)
Ø K : melaporkan hasil diskusi (kelompok)
Ø I : menghitung banyak tahu yang dapat
ditampung dalam tempat bak tahu (individu)
Ø R : saling menukar jawaban dengan teman kelompok
lain (klasikal)
PPKN
Ø M : mengamati gambar pekerja pabrik tahu
(klasikal)
Ø I : diskusi ciri-ciri/ sikap wirausaha yang
baik (kelompok)
Ø K : melaporkan hasil diskusi (kelompok)
Ø I : menuliskan sikap pengusaha tahu/pemilik
pabrik dan pekerja/ karyawan (individu)
Ø R : melaporkan hasil karya siswa tentang
karakter pengusaha dan pekerja yang baik (klasikal)
Kegiatan Akhir
:
Ø Siswa
dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari ini.
Ø Siswa
menyampaikan perasaanya dan kegiatan yang disukai selama pembelajaran.(mandiri, integritas)
Ø Pembelajaran
ditutup dengan doa dan salam.(religius)
Skenario pembelajaran tidak sesuai dengan latihan soalnya
ReplyDelete😁 siap diperbaiki pak/bu, blm paham mksud tgsnya waktu itu, bru prtama bwt blog😁
Delete