Friday, October 12, 2018

Skenario Pembelajaran Tematik


SKENARIO PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                   : SDN Kebondalem

Tema / Subtema / Pembelajaran      : 5. WIRAUSAHA / 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan.  / 5

Kelas / Semester                                 : VI / 1
Kompetensi Dasar                                              : Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Matematika
3.8 Memecahkan masalah sederhana dengan melibatkan bangun datar atau ruang, seperti juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut.
PPKN
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan.
Indikator                                :
-          3.2.1 membuat laporan kegiatan dalam bentuk teks eksplanasi ilmiah
-         3.8.1  menghitung volume balok
-         3.6 menyebutkan sikap wirausaha yang baik

Metode                                   : cooperative learning, diskusi, penugasan
Media                                     : Power Point, video, gambar
Kegiatan Pendahuluan         :
Ø  Guru mengucapkan salam.(religius)
Ø  Guru menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama-sama.(religius)
Ø  Guru mengajak siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya.(nasionalis)
Ø  Guru menyapa siswa dan mengkondisikan kelas agar siap belajar.(mandiri)
Ø  Guru menjelaskan apa yang akan dipelajari hari ini dan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti :
Bahasa Indonesia
Ø  M  : mengamati video kunjungan ke pabrik tahu (klasikal)
Ø  I    : mengurutkan gambar kegiatan proses pembuatan tahu (kelompok)
Ø  K  : melaporkan hasil diskusi (kelompok)
Ø  I    : membuat laporan tertulis secara urut tentang proses pembuatan tahu (individu)
Ø  R  : membacakan laporan hasil karya dan merefleksi bersama (klasikal)
Matematika
Ø  M  : mengamati gambar potongan tahu kecil, bak tempat penjual tahu (klasikal)
Ø  I    : diskusi menghitung volume irisan tahu dan bak tempat penjualan tahu (kelompok)
Ø  K  : melaporkan hasil diskusi (kelompok)
Ø  I    : menghitung banyak tahu yang dapat ditampung dalam tempat bak tahu (individu)
Ø  R  : saling menukar jawaban dengan teman kelompok lain (klasikal)
PPKN
Ø  M  : mengamati gambar pekerja pabrik tahu (klasikal)
Ø  I    : diskusi ciri-ciri/ sikap wirausaha yang baik (kelompok)
Ø  K  : melaporkan hasil diskusi (kelompok)
Ø  I    : menuliskan sikap pengusaha tahu/pemilik pabrik dan pekerja/ karyawan (individu)
Ø  R  : melaporkan hasil karya siswa tentang karakter pengusaha dan pekerja yang baik (klasikal)
Kegiatan Akhir :
Ø  Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari ini.
Ø  Siswa menyampaikan perasaanya dan kegiatan yang disukai selama pembelajaran.(mandiri, integritas)
Ø  Pembelajaran ditutup dengan doa dan salam.(religius)

2 comments:

  1. Skenario pembelajaran tidak sesuai dengan latihan soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 siap diperbaiki pak/bu, blm paham mksud tgsnya waktu itu, bru prtama bwt blog😁

      Delete

coba tryout 1 BI

Memuat…